Translate

Purwakarta Kontroversi Patung, ada Apa Dengan Patung

Patung di Purwakarta? Tiga buah patung di Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat dirusak dan dirubuhkan oleh masa. Tiga patung tersebut yaitu Patung Semar, Patung Gatot Kaca, dan Patung Bima. Ukuran patung yang dirusak dan dirubuhkan tersebut ukurannya bervariasi, ada yang tinggi 2,5 meter sampai dengan tinggi 5 meter.
Patung Purwakarta Ambruk
Patung Purwakarta Ambruk
Sekelompok orang yang merobohkan patung tokoh pewayangan itu pada tengah hari menamakan dirinya Masyarakat Peduli Purwakarta . Mereka menilai keberadaan patung tersebut tidak sesuai dengan identitas masyarakat Purwakarta yang religius.
Patung Bima di Jalan Baru Kabupaten Purwakarta
Patung Bima di Jalan Baru Kabupaten Purwakarta
Patung Bima adalah patung terbesar dari ketiga patung yang dirusak dan dirubuhkan oleh masa, Patung tersebut terletak di Jalan Baru Purwakarta.
Patung Kuku Bima Setengah Badan
Patung Kuku Bima Setengah Badan
Ketiga patung tersebut dirusak dan dirubuhkan oleh masa dengan menggunakan tali panjang untuk menarik dan menggulingkannya. Setelah patung dirusak dan dirubuhkan hingga jatuh ketanah, patung tersebut kemudian dibakar oleh massa yang tidak diketahui identitasnya.
Patung di Purwakarta Roboh
Patung di Purwakarta Roboh
Dugaan saat ini kejadian perusakan dan perubuhan patung sampai dibakar di purwakarta tersebut adalah sebagai puncak dari kemarahan dan ketidakpuasan massa terhadap kebijakan pembangunan patung di beberapa tempat di kota Purwakarta oleh Bupati Purwakarta.
Patung di Purwakarta Hangus Terbakar
Patung di Purwakarta Hangus Terbakar
Aksi Massa ini dipicu karena kebijakan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi yang selama ini dinilai meresahkan karena membangun patung di spot spot tertentu di sudut kota Kabupaten Purwakarta.
FPI Ingikan Patung di Hancurkan
FPI Ingikan Patung di Hancurkan
Pembangunan patung di Kabupaten Purwakarta tidak sesuai dengan aspirasi warga, dan juga tidak ada sosialisasi terlebih dahulu dari Pemerintah Kabupaten Purwakarta.
Patung Krisna di Rusak Massa
Patung Krisna di Rusak Massa
Sampai saat ini situasi di Kabupaten Purwakarta masih belum stabil, setelah melakukan pengrusakan terhadap tiga patung yang ada dalam tokoh pewayangan tersebut, kini masa menuju ke target ke empat yaitu Patung Kiansantang yang ada disekitar Gedung Kembar di Kabupaten Purwakarta. Massa menganggap pembangunan patung di Kabupaten Purwakarta yang terkenal dengan sebutan kota santri tersebut adalah pemusrikan.
Patung Kiansantang di Kabupaten Purwakarta
Patung Kiansantang di Kabupaten Purwakarta
Namun sebelum pengrusakan terjadi terhadap Patung Kianstang, Massa yang hendak menghancurkan patung-patung yang dianggap adalah berhala di Kabupaten Purwakarta, telah di hadang oleh Aparat Keamanan gabungan dari Petugas Polisi, TNI, dan Satuan Polisi Pamong Praja.
Patung Gatot Kaca Terbakar
Patung Gatot Kaca Terbakar
Patung-patung kabupaten purwakarta fungsinya adalah untuk estetika kota sekaligus menjadi trademark kota Purwakarta. Ini karya seni tidak ada hubungannya dengan berhala!.
Patung Bima Tinggal Setengah Dada
Patung Bima Tinggal Setengah Dada
Seandainya keinginan ormas-ormas ini terus dibiarkan, maka semua budaya Indonesia akan punah. Orang Indonesia akan dipaksa untuk keluar dari akar budayanya. Suatu saat masyarakat dunia akan lupa terhadap Indonesia. Bagi masyarakat dunia nanti Indonesia tak jauh bedanya seperti negara Arab yang buka cabang di Asia Tenggara.


Jika ini terus dibiarkan tidak mustahil, patung Jendral Sudirman, Soekarno Hatta, Pancoran bahkan patung-patung di candi Borobudur dan Prambanan akan jadi korban selanjutnya.
Lalu apa tanggapan anda sebagai warga Purwakarta menganggapi peristiwa ini?

0 komentar "Purwakarta Kontroversi Patung, ada Apa Dengan Patung", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Link Sobat