Translate

Apa itu Pariwisata?

Pariwisata atau turisme adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan, dan juga persiapan yang dilakukan untuk aktivitas ini. Seorang wisatawan atau turis adalah seseorang yang melakukan perjalanan paling tidak sejauh 80 km (50 mil) dari rumahnya dengan tujuan rekreasi, merupakan definisi oleh Organisasi Pariwisata Dunia.

Definisi yang lebih lengkap, turisme adalah industri jasa. Mereka menangani jasa mulai dari transportasi; jasa keramahan - tempat tinggal, makanan, minuman; dan jasa bersangkutan lainnya seperti bank, asuransi, keamanan, dll. Dan juga menawarkan tempat istrihat, budaya, pelarian, petualangan, dan pengalaman baru dan berbeda lainnya.

Banyak negara, bergantung banyak dari industri pariwisata ini sebagai sumber pajak dan pendapatan untuk perusahaan yang menjual jasa kepada wisatawan. Oleh karena itu pengembangan industri pariwisata ini adalah salah satu strategi yang dipakai oleh Organisasi Non-Pemerintah untuk mempromosikan wilayah tertentu sebagai daerah wisata untuk meningkatkan perdagangan melalui penjualan barang dan jasa kepada orang non-lokal.

Apa itu Pariwisata?



Apabila pariwisata hanya dikenal sebagai kegiatan bersenang-senang, maka kemudian pembangunan pariwisata dan pengelolaannya cenderung sebatas pembukaan lahan yang belum tentu melestarikan ekosistem alami, pengadaan atraksi wisata buatan yang mungkin hanya bersifat sementara, bahkan seringkali promosi yang dikemas membohongi publik, dan hasilnya hanya untuk investor tanpa ada kontribusi yang cukup berarti bagi ekonomi masyarakat lokal.  Lantas strategi pengelolaan pun tidak diperhatikan dan dibiarkan berjalan begitu saja. Apabila pengunjung sudah bosan, destinasi atau tujuan wisata menjadi sepi, lantas destinasi tersebut ditelantarkan, tidak diurus dan terbengkalai. Lambat laun akan rusak dan akhirnya sia-sia.

Contohnya di kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, dulu ada daerah tujuan wisata yang dikenal dengan Taman Sabaru dimana ada kolam renang, areal pemancingan hingga panggung hiburan rakyat. Namun beberapa tahun kemudian setelah sempat cukup ramai akhirnya terbengkalai hingga akhirnya dibiarkan begitu saja dan kini malah beralih menjadi lahan untuk area motor cross atau balapan motor apabila ada pertandingan balapan.

Atau Taman Alam Bukit Tangkiling yang menekankan daya tarik alamnya dan satwa buaya. Namun lama kemudian, setelah masyarakat jenuh dengan yang itu-itu saja, objek ini kemudian terlantar dan akses masuknya lambat laun ikut rusak karena tidak dipelihara. Demikian halnya dengan Taman Hutan Arboretum Nyaru Menteng. Banyak daerah tujuan wisata alam lainnya di Palangkaraya dan Kalteng yang sempat dipromosikan, sempat populer, bahkan masih masuk katalog daerah tujuan wisata tapi sebenarnya tidak layak untuk dikunjungi wisatawan dan atraksi wisatanya pun kurang untuk menarik minat wisatawan.

Apabila pariwisata hanya dimaknai sebagai kegiatan piknik, berpergian ke suatu daerah wisata, untuk melepas kejenuhan akan rutinitas hari-hari dan sekaligus menikmati keindahan tempat tersebut. Maka asumsi yang amat sangat sederhana ini akan berpengaruh terhadap partisipasi dan dukungan masyarakat terkait pengembangan pariwisata.

Masyarakat dengan paradigma sederhana mengenai pariwisata kemudian akan mendukung pengembangan pariwisata terkait sebatas menerima keberadaan objek wisata, namun apabila dilibatkan dalam perencanaan, pembangunan hingga pengelolaan, masyarakat lokal akan sulit memberi dukungan karena tidak sepenuhnya mengerti apa dan bagaimana pariwisata yang sebenarnya. Bahwa pariwisata adalah industri jasa yang kompleks dan memiliki dampak positif maupun negatif.

Definisi pariwisata sendiri dalam Undang-undang Kepariwisataan yang baru No. 10 Tahun 2009 pasal 1 ayat 1 disebutkan adalah kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan mengunjungi tempat tertentu untuk tujuan rekreasi, pengembangan pribadi, atau mempelajari keunikan daya tarik wisata yang dikunjungi dalam jangka waktu sementara.


Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Pariwisata
01 Maret 2009

0 komentar "Apa itu Pariwisata?", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Link Sobat